Selasa, 04 Mei 2010

BAHAN-BAHAN PEMBUATAN USAHA KECIL JAMUR MERANG

Usaha kecil jamur merang diawali dengan persiapan tempat dan bahan-bahan pembuatan tempat pembuatan jamur merang, mengingat tumbuhan jamur merang ini sangatlah sentitif terhadap cuaca maka tempat hendaknya dibuat sedemikian rupa sehingga hasil panen dari usaha kecil jamur merang ini sangat baik. Dengan dengan harapan hasil yang kita budidayakan ini bagus maka tentu saja anda akan meraup keuntuntan yang tidak sedikit, maka untuk itu mari kita perhatikan bahan-bahan yang kita gunakan dalam pembudidayaan jamur merang yang akan disampaikan berikut ini.

Lahan untuk pembuatan jamur merang
Dalam persiapan lahan ini tentu saja kita harus memperhatikan lingkungan sekitar yang mana, dilingkungan tersebut sangat mudah mendapatkannya. Lahan yang dipakai untuk pembudidayaan jamur merang ini berukuran 6 M X 9 M Lahan ini disyaratkan mudah mendapatkan air, jerami, bambu, dll.

Bambu
Bambu yang diperlukan untuk pembuatan tempat penanaman jamur ini dibutuhkan sebanyak 250 batang bambu, diusahakan dipilih yang lurus dan tidak mudah keriput karena tempat ini akan dipakai untuk proses pembuatan jamur dalam jangka waktu yang lama sehingga menghemat biaya bahan baku bambu.

Plastik, tambang dan paku
Plastik, tambang dan paku ini dipakai sebagai bahan pembantu dalam pembentukan tempat proses pembuatan jamur merang. Plastik, tambang dan paku banyak dijual dipasar dan sangat mudah didapat.

Drum
Bahan drum harus dari logam karena fungsi drum disini untuk pembuatan api guna pengasapan jamur saat setelah penanaman. Drum yang bukan dari logam tidak dapat digunakan. Bahan ini mudah didapat yaitu di tukang penampung drum bekas oli. Drum yang dibutuhkan sebanyak tiga guna mempercepat pengasapan.

Jerami
Jerami ini diperoleh dari petani-petani setempat, fungsi dari jerami yang dimaksud disni untuk media penanaman jamur merang. Jerami yang dibutuhkan sebanyak 200 kg.

Ampas Kawung
Bahan ampas kawung ini diperoleh dari para petani setempat, ampas kawung yang dibutuhkan untuk pembuatan media jamur merang ini sebanyak 1,5 kubik.

Kapas
Kapas yang dibutuhkan untuk pembuatan media jamur merang sebanyak 3 kg, bahan kapas ini mudah juga di dapat, di toko-toko atau dipasar banyak pedagang penjual kapas.

Dedak
Bahan dedak berfungsi sebagai bahan pembantu pembuatan media penanaman jamur merang, dedak dapat diperoleh di tempat penggilingan padi, dan diusahakan dedak yang lembut banyaknya yaitu 200 kg.

Kapur
Kapur yang dimaksud disini adalah batu kapur yang dilembukan, tentu saja bahan ini juga tidak susah diperolehnya, kebutuhan batu kapur yang lembut sebanyak 30 kg.

Kayu
Yang dimaksud kayu disini kayu yang digunakan untuk pengasapan, jadi yang dimaksud kayu disini adalah kayu bakar guna pembuatan pengasapan. Banyaknya kayu bakar adalah 1,5 kubik

Minyak tanah
Minyak tanah yang digunakan secukupnya guna pembuatan asap.

Bibit jamur
Bahan yang satu ini adalah bahan pokok atau dapat dikatakan bahan utama yaitu bibit jamur, bibit jamur dapat diperoleh di toko penyedia pupuk, atau toko khusus bibit jamur merang. Bibit yang dibutuhkan sesuai dengan media yang dibuat disini adalah 25 botol.

Demikian bahan-bahan untuk pembuatan usaha kecil jamur merang, semua bahan mudah di dapat dan harganya terjangkau.
( Drs Agus Triprasmoro )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar